Waspada Sakit Jantung Pada Ibu Hamil

Definisi Penyakit Jantung | Menurut para penelitian, 46% wanita beresiko untuk terkena sakit jantung. Meski dari penelitian tersebut jumlah dari wanita yang beresiko terkena sakit jantung lebih sedikit dari pada laki-laki namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi wanita untuk terkena serangan jantung. Terjadinya sumbatan di pembuluh darah yang menyebabkan tidak normalnya aliran darah dan oksigen yang sampai ke otot jantung inilah yang menyebabkan serangan jantung bisa terjadi.

"Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penderita penyakit jantung diantaranya rasa tertekan seperti ditimpa beban di dada atau di ulu hati dan menjalar ke rahang, kemudian menjalar kelengan kiri, dan leher serta pinggang, rasa tercekik atau sesak yang berkepanjangan disertai dengan keringat dingin yang berebihan hingga pingsan" Ujar dr.Dicky Hanafi,SpJP.


Tentu hal seperti ini akan semakin sangat berbahaya apabila terjadi pada ibu hamil. Karena dengan efek dari sakit jantung ini tidak hanya akan berbahaya pada sang ibu melainkan akan berakibat fatal juga terhadap kandungannya.

Efek dari serangan jantung bagi ibunya antara lain sesak, gagal jantung sampai aborsi pada kehamilannya dengan usia yang masih muda. Sedangkan pada calon si bayi akan berisiko adanya gangguan dalam rahim, kelahiran secara prematur, berat badan lahir yang sangat rendah, pertumbuhan janin lamat, hingga mengakibatkan kematian.
Apabila hal seperti ini terjadi segeralah untuk menghentikan aktivitas anda dan segera untuk pergi ke rumah sakit terdekat. dan jika memang anda sudah memiliki riwayat jantung sebaiknya sejak awal kehamilan sudah memiliki dokter khusus. dan pastikan juga dokter tersebut untuk siap diajak berkonsultasi setiap saat agar kontrol dan riwayat kesehatan sejak awal sudah terdeteksi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspada Sakit Jantung Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar