Faktor Penyebab Gagal Jantung


DEFINISIJANTUNG.BLOGSPOT.Com | Gagal jantung merupakan dimana kondisi saat otot jantung mulay melemah sehingga jantung tidak bisa melakukan fungsinya dengan normal atau tidak bisa memompa cukup darah keseluruh tubuh pada tekanan yang tepat. Terjadinya gagal jantung biasanya disebabkan karena masalah kesehatan contohnya seperti:

Hipertensi

Tekanan darah tinggi menyebabkan organ jantung bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh dan otomastis otot jantung akan menebal dan mengimbangi kinerja yang begitu meningkat. Apabila ini terus berlangsung, maka pada akhirnya jantung akan terlalu terbebani dan tidak kuat lagi untuk memompa darah secara normal. Otot jantung akan menjadi lemah bahkan bisa juga menjadi terlampau kaku.

Gangguan Ritme Jantung

Kondisi ini bisa menyebabkan ritme jantung menjadi terlalu lambat atau sebaliknya. Ritme yang terlalu lambat dapat mengurangi pasokan darah dari jantung ke tubuh. Sedangkan ritme yang terlalu cepat akan membuat jantung bekerja lebih keras lagi. Apabila kondisini terjadi berkepanjangan maka lama-kelamaan akan mengarah kepada gagal jantung.

Gangguan Otot Jantung

Gangguan otot jantung merupakan bentuk dari kerusakan otot jantung, namun bukan disebabkan oleh penyumbatan arteri. Meski penyebab gangguan otot jantung ini sering tidak jelas, namun kemungkinan besar faktor resikonya adalah keturunan, efek samping obat-obatan kanker, infeksi virus dan penyalah gunaan alkohol.

Radang Otot Jantung

Penyakit ini terkadang bisa berkembang dan akan memperparah pada gagal jantung. Umumnya penyebab radang otot jantung ini adalah karena infeksi virus.

Penyakit Jantung Koroner dan Serangan Jantung

Penyakit jantung koroner (PJK) membuat pasokan darah dan oksigen kepada jantung berkurang dikarenakan tersumbatnya arteri oleh tumpukan lemak, Saat jantung benar-benar tersumbat dan aliran oksigen ke seluruh bagian jantung terputus, maka terjadilah serangan jantung. Serangan jantung ini bisa membuat daya pompa jantung anda melemah bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada dinding otot jantung.
Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Jantung Koroner
Pemicu lainnya dari gagal jantung ini adalah anemia dan penyakit diabetes. Disaat seseorang mengalami anemia, maka tubuhnya akan kekurangan oksigen yang didapat dari darah. Apabila kondisi seperti ini tidak segera ditindak lanjuti maka organ-organ tubuh lainnya akan mengalami kerusakan, termasuk pada jantung.

Sedangkan orang yang terkena diabetes, penderitanya memiliki risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki penyakit diabetes dikarenakan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi akan merusak pembuluh darah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor Penyebab Gagal Jantung"

Posting Komentar