Apa Itu Penyakit Jantung?

Definisi Penyakit Jantung | Jantung merupakan sebuah organ tubuh yang berfungsi untuk memompa darah melalui pembuluh darah yang kontraksi berirama secara berulang dan jantung ini berkerja diluar perintah otak. Jantung ini terletak di dalam rongga dada disebelah kiri diantara paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Massanya kurang lebih 300 gram, dan besarnya sama seperti kepalan tangan. Jantung merupakan satu otot tunggal dan terdiri dari lapisan endothelium. Jantung ini terletak didalam ronga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung ini sedikit berbelok kebawah dan sedikit ke arah kiri.


Jantung adalah organ terpenting yang ada didalam tubuh, kelainan pada jantung dapat mengakibatkan kematian. Masalah pada jantung bisa dibagi, karena kegagalan pada organ jantung seringkali menjadi dua bagian yaitu serangan jantung dan penyakit jantung.

Penyakit Jantung


Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi yang mengakibatkan organ jantung tidak bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Hal ini disebabkan antara lain:

  • Lemahnya otot jantung ini merupakan kelainan bawaan pada saat lahir. Otot jantung yang lemah bisa membuah penderita tidak dapat melakukan aktivitasnya secara normal (perlu ada batasan), Karena pemaksaan kinerja organ jantung yang berlebihan dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian dada, dan terkadang bisa juga menyebabkan tubuh menjadi tampak kebiruan. Penderita otot jantung yang lemah ini mudah sekali pingsan.
  • Adanya celah pada serimbi kiri dan kanan, maka tidak sempurnanya pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua sembiri disaat penderita masih didalam kandungan. Hal seperti ini mengakibatkan darah yang kotor tercampur dengan darah yang bersih. Penyakit ini juga membuat penderita tidak bisa melakukan aktivitas yang berat, Dikarenakan aktivitas yang berbeban berat bisa dipastikan akan membuat penderita menjadi biru dan sesak nafas, meskipun tidak menimbulkan rasa sakit di dada.

Serangan Jantung


Serangan jantung merupakan kondisi yang menyebabkan organ jantung tidak berfungsi. Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi secara mendadak, dan sering disebut dengan gagal jantung. Penyabab gagal jantung ini sangat bervariasi, namun umumnya penyebab utama biasanya adalah tersumbatnya suplai darah ke otot jantung, karena pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot jantung ini tersumbat atau mengeras, masih belum bisa dipastikan yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke otot jantung, namun biasanya akibat lemak dan kolesterol bahkan oleh zat kimia seperti penggunaan obat secara berlebihan yang mengandung phenol propano alanin (PPA) yang banyak ditemukan dalam obat Decolgen dan Nikotin.

Belakang ini sering sekali ditemukan gagal jantung mendadak saat seseorang sedang melakukan aktivitas. seperti menyerang beberapa atliet-atliet sepak bola dunia di tangah lapangan sepak bola. Biasanya hal seperti ini disebabkan karena pemaksaan aktivitas jantung yang melebihi batasnya. atau kurangnya pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Penyakit Jantung?"

Posting Komentar